Sabtu, 09 September 2017

Windows Media Player

Windows Media Player


Pemutar media menurut bahasa inggris adalah Media player, istilah umum untuk mengacu kepada perangkat lunak komputer yang dapat memainkan berkas multimedia. Kebanyakan pemutar media dapat memainkan berkas audio dan video. Pemutar media yang memfokuskan pada audio atau video disebut pemutar audio dan pemutar video.

     Windows Media Player adalah perangkat lunak pemutar musik, video dan gambar (foto) buatan Microsoft. Windows Media Player merupakan bagian dari platform Windows Media yang dikembangkan oleh Microsoft. Sesuai dengan namanya, Windows Media Player ditugaskan untuk melakukan operasi playback terhadap berkas multimedia digital berformat Windows Media Format (WMA, WMV atau ASF), MPEG Audio Layer 3 (MP3), dan beberapa format multimedia digital lainnya. Bagian yang lainnya dari platform Windows Media, adalah Windows Media Services (dulunya dikenal dengan NetShow Server), yang bertugas untuk mengalirkan data multimedia digital dengan menggunakan teknologi multimedia streaming. Versi terbaru Windows Media Player adalah Windows Media Player 12. 

A. Sejarah Windows Media Player

    Windows Media Player (disingkat WMP) adalah milik digital media player dan aplikasi media perpustakaan yang dikembangkan oleh Microsoft yang digunakan untuk memainkan audio, video dan melihat gambar pada komputer pribadi yang menjalankan sistem operasi Microsoft Windows, serta pada Pocket PC dan Windows Mobile berbasis perangkat. Edisi     Windows Media Player juga dirilis untuk Mac OS, Mac OS X dan Solaris, tetapi pengembangan tersebut sejak itu telah dihentikan.

     Selain menjadi media player, Windows Media Player termasuk kemampuan untuk musik dan musik rip dari copy ke compact disc, membakar cakram direkam dalam format CD Audio atau sebagai data disc dengan playlist seperti CD MP3, mensinkronisasi konten dengan audio digital player (pemutar MP3) atau perangkat mobile lainnya, dan memungkinkan pengguna untuk membeli atau menyewa musik dari sejumlah toko musik online.
     
   Windows Media Player menggantikan aplikasi sebelumnya bernama Media Player, menambahkan fitur di luar video sederhana atau pemutaran audio.
Windows Media Player 12 adalah versi terbaru Windows Media Player pada Juli 2009. Ini dirilis pada tanggal 22 Juli 2009 bersama dengan Windows 7 dan belum dirilis untuk versi sebelumnya dari Windows.
    
    Windows Media Player 11 yang tersedia untuk Windows XP dan termasuk dalam Windows Vista dan Windows Server 2008. : hat: Format File default adalah Windows Media Video (WMV), Windows Media Audio (WMA), dan Advanced Systems Format (ASF), dan mendukung format XML sendiri berdasarkan playlist yang disebut Windows Playlist (WPL). Pemain juga dapat memanfaatkan layanan manajemen hak digital dalam bentuk Windows Media DRM.

B. Fungsi Dan Kegunaan Windows Media Player
     
     Fungsi  Windows Media Player :
     1. Meripping CD audio ke format WMA
     2. Mengorganize file multi media (media library)
     3. Pemutar Web radio
     4. Pemutar CD,MP3,DVD

     Kegunaan Windows Media Player :

          Kegunaan windows media player adalah untuk memutar musik dan video, namun fungsi windows media player bisa juga digantikan oleh program yang lain, yang kegunaannya hampir sama denagn windows media player itu. Karena tidak semua jenis file musik/video dikenali oleh windows media player, maka fungsi windows media player digantikan dengan software lain, seperti Winamp, iTune, K-Lite, Gom, VLC.


C. Kelebihan Dan Kekurangan Windows Media Player
      
    Kelebihan Windows Media Player
  1. Mendukung untuk audio populer dan video-termasuk format 3GP, AAC, AVCHD, MPEG-4, WMV, dan WMA. It also supports most AVI, DivX, MOV, and Xvid files. Ini juga mendukung sebagian besar file AVI, DivX, MOV, dan Xvid.
  2. Fitur aliran musik dan video ke PC lain menjalankan perangkat yang kompatibel di sekitar rumah. Dengan Remote Media Streaming , Anda dapat menikmati musik atau video pada PC rumah Anda dari jalan.
  3. Modus Now Playing baru ini merupakan studi di minimalis: Ini hanya menunjukkan kontrol yang Anda butuhkan, sehingga tidak ada yang antara Anda dan musik atau video. Sebuah thumbnail taskbar baru dengan kontrol pemutaran preview membuat lebih mudah dan menyenangkan.


    Kekurangan Windows Media Player
  1. Tidak kompatible dengan file 3gp (bkn berarti tidak bisa memutar file 3GP).
  2. Pengaturan kurang banyak
  3. kalah bersaing dengan winamp


D. Cara Untuk Menggunakan Windows Media Player
     
   Untuk memulai Windows Media Player, klik tombol Start Gambar tombol Start, klik All Programs, kemudian klik Windows Media Player.

2 Cara Untuk Menggunakan Windows Media Player: Player Library dan Now Playing mode
 Windows Media Player memungkinkan kalian untuk beralih antara dua mode:

     Player Library, yang memberi Anda kontrol yang komprehensif atas banyak fitur Player; dan mode Now Playing, yang memberikan pandangan ideal untuk pemutaran.

     Dari Player Library, Anda dapat pergi ke mode Now Playing dengan mengklikSwitch to Now Playing dari Switch ke mode Now Playing di sudut kanan bawah Player. Untuk kembali ke Player Library, klik Switch to Library Beralih ke tombol Library di sudut kanan atas Player.



     
   Di Player Library, kalian dapat mengakses dan mengatur koleksi media digital. Dalam panel navigasi, kalian dapat memilih kategori, seperti Musik, Gambar, atau Video, untuk melihat di panel rincian. Misalnya, untuk melihat semua musik yang terorganisir berdasarkan genre, Klik 2 kali Music, dan kemudian klik Genre. Kemudian, tarik item dari panel rincian untuk panel daftar membuat playlist, membakar CD atau DVD, atau sync ke perangkat, seperti pemutar musik portabel.

     Saat kalian surfing di Perpustakaan Player, kalian dapat menggunakan tombol Back dan Forward di sudut kiri atas Player untuk menelusuri kembali Player Library.
Dalam mode Now Playing, kalian dapat melihat DVD dan video atau melihat musik apa yang sedang diputar. Kalian dapat memutuskan untuk melihat hanya item yang sedang diputar, dengan cara klik kanan Player, dan kemudian klik Show List untuk melihat pilihan item yang tersedia.


Untuk mengetahui lebih lanjut tentang beberapa perintah yang tampil di Perpustakaan Player dan di Now Playing mode, klik link microsoft ( berbahasa inggris ) berikut ini:

Player Library :

  1. Memutar file audio atau video
  2. Menemukan item di Media Player Library Windows
  3. Menambahkan item ke Media Player Library Windows 
  4. Menghapus item dari Media Player Library Windows
  5. Membuat atau mengubah daftar putar otomatis pada Windows Media Player
  6. Menambah atau mengedit informasi media di Windows Media Player


Now Playing :

  1. Memainkan CD atau DVD di Windows Media Player
  2. Mengocok dan ulangi item di Windows Media Player
  3. Pengaturan perubahan volume di Windows Media Player
  4. Beralih antara mode tampilan di Windows Media Player



Play From The Taskbar

   kalian juga dapat mengontrol player ketika diminimalkan. Kalian dapat memutar atau menghentikan item, maju ke item berikutnya, dan kembali ke item sebelumnya menggunakan kontrol di preview thumbnail. Thumbnail preview muncul ketika kalian menunjuk ke ikon Windows Media Player pada taskbar. 
  
Membangun Media Library

      Windows Media Player dapat digunakan untuk mencari file di jendela perpustakaan khusus pada komputer untuk menambahkan ke Perpustakaan Player: Musik, Video, Gambar, dan direkam TV.

    Untuk membangun perpustakaan media, kalian dapat menyertakan folder di perpustakaan dari lokasi lain di komputer atau perangkat eksternal, seperti hard drive portabel. Untuk informasi lebih lanjut tentang menambahkan file ke Perpustakaan Player, lihat Add items to the Windows Media Player Library


Rip CD Untuk Membuat File Musik Digital

    Kalian dapat menambahkan musik ke Player Library dengan menggunakan CD drive komputer untuk menyalin CD dan menyimpannya di komputer sebagai file digital. Proses ini dikenal sebagai ripping.

Gunakan Tab 

    Tab di bagian kanan atas player yang membuka panel daftar di Perpustakaan Player, sehingga memudahkan kalian untuk fokus pada tugas-tugas tertentu, seperti membuat playlist lagu-lagu favorit, membakar daftar lagu kustom untuk CD recordable, atau sinkronisasi playlist di perpustakaan media ke media player portabel.


Play

    Daftar di bawah tab play mencerminkan item yang sedang diputar dan item yang telah dipilih untuk bermain di Perpustakaan Player. Misalnya, jika kalian memilih album tertentu untuk bermain, seluruh album akan muncul di tab Play.
kalian juga dapat menggunakan tab Play untuk membuat dan menyimpan playlist kustom. Untuk informasi lebih lanjut tentang membuat daftar putar, lihat Create or change a regular Playlist in Windows Media Player.

Burn

Jika kalian ingin mendengarkan campuran musik saat jauh dari komputer , kalian dapat membakar CD yang berisi kombinasi dari musik. Sebagai contoh, kalian dapat membakar CD audio dengan Player dan dapat diputar di setiap CD player standar. Gunakan tab Burn untuk melakukn hal tersebut:
  1. Burn CD atau DVD di Windows Media Player
  2. Mengubah pengaturan untuk membakar CD atau DVD di Windows Media Player



Sync

      Kalian dapat menggunakan player untuk sinkronisasi musik, video, dan gambar ke berbagai perangkat portable, termasuk pemutar media portabel, kartu penyimpanan, dan beberapa ponsel. Untuk melakukan hal ini, hanya menghubungkan perangkat yang didukung untuk komputer dan Player akan memilih metode sinkronisasi (otomatis atau manual) yang terbaik untuk perangkat kalian. Kemudian dapat melakukan sinkronisasi file dan daftar putar di Player Library ke perangkat kalian. Gunakan tab ini untuk melakukan salah satu dari berikut:
  1. Mengatur perangkat untuk sinkronisasi di Windows Media Player
  2. Sinkronisasi Manual di Windows Media Player



E. Cara Meng-nonaktifkan Windows Media Player
    
    Cara disable windows media player bisa diikuti cara dibawah ini :
  • Disable windows media palyer pada Windows xp
  • Masuk ke control panel
  • Pilih Add or Remove Programs
  • Klik atau pilih Add Remove Windows Components
  • Pada jendela Windows Components Wizard, cari dan hilangkan tanda centang pada Windows Media Player, kemudian klik next
  • Tunggu sampai selesai (finish)
  • Disable windows media palyer pada Windows 7
  • Masuk ke control panel
  • Pada jendela All item view, pilih / klik Programs and Features
  • Pada panel sebelah kiri, klik Turn Windows Features on or off
  • Pada jendela Windows Features, expand Media Features.
  • Hilangkan tanda centang pada Windows Media Player
  • Jika ada pesan yang muncul klik Yes
  • Klik OK





sumber :

http://siscaiicha-piggie.blogspot.co.id/2011/12/windows-media-player_17.html

https://linusstevebill.wordpress.com/jenis-jenis-software/program-bantu/windows-media-p

http://buntutdangdeur.blogspot.co.id/2016/01/pengertian-fungsi-dan-cara-menggunakan.html



Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UAS No 5 Anizha reisda novihandika 4415210015 #UPAPSIUAS

hello teman - temen disini saya akan memposting soal yang terakhir pada uas apsi1 yaitu :  Soal no 5 : Memasukkan data tugas ke link berik...