Minggu, 17 September 2017

Sistem Informasi Manajemen (SIM)

    Hai guys, di blog kali ini saya akan membahas tentang system informasi manajemen, apakah kalian sudah ada yang pernah mendengar ataupun tahu apa itu system informasi manajemen? Bagi kalian yang belum tahu ataupun belum pernah mendengar apa itu system informasi manajemen (SIM),jangan khawatir kita akan membahasnya di artikel kali ini.Banyaknya informasi yang diperlukan bagi kegiatan manajemen, mengakibatkan kegiatan pengolahan informasi dilakukan oleh manusia dan mesin (komputer). Komputer hanyalah sebagai alat bantu manusia dalam pengolahan data. Oleh karena itu untuk melaksanakan SIM sebaiknya seseorang memiliki pengetahuan yang cukup mengenai komputer dan penggunaannya dalam pengolahan informasi. Berikut merupakan video tentang system informasi manajemen.Silakan saksikan video berikut^^


   Dari Penjelasan video diatas, System informasi manajemen merupakan system informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi  tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen. Manajemen sendiri mencakup proses perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, pengarahan, dan lain-lain, dalam suatu organisasi. Sedangkan, informasi dalam satu organisasi adalah data yang diolah sedemikian rupa sehingga memiliki nilai dan arti bagi organisasi.

Tujuan sistem informasi manajemen 
  1.  Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok  jasa,produk,dan  tujuan lain yang diinginkan manajemen.
  2.  Menyediakan informasi yang di pergunakan dalam perencanaan  pengendalian,pengevaluasian,dan perbaikan berkelanjutan
  3.  Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan

   Proses manajemen

Bagaimanakah proses manajemen ? Proses manajemen terbagi menjadi 3 yaitu :  

  • Perencanaan = formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya,perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.

  • Pengendalian =  Perencanaan hanyalah setengah dari pertempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan   rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut kebutuhan

  • Pengambilan keputusan =  proses pemilihan di antara berbagai alternative disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih di antara beberapa     tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.

Fungsi sistem informasi manajemen

Fungsi dari system informasi manajemen yaitu :
  1. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas data yang tersaji akurat dan tepat waktu
  2.      Meningkatkan produktivitas dan penghematan biaya dalam suatu organisasi
  3.      Meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena unit system kerja yang terkoodinir dan sistematis     

Penerapan sistem informasi

    Lalu bagaimanakah penerapan system informasi manajemen dalam kegiatan sehari – hari ? Sistem informasi juga sangat berparan penting dalam kegiatan sehari - hari. Berikut adalah beberapa contoh penerapan dari system informasi manajemen dalam kehidupan sehari – hari :
  •  Pemesanan tiket secara online
  •  System internet banking
  •  System akademik online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UAS No 5 Anizha reisda novihandika 4415210015 #UPAPSIUAS

hello teman - temen disini saya akan memposting soal yang terakhir pada uas apsi1 yaitu :  Soal no 5 : Memasukkan data tugas ke link berik...