Sabtu, 09 September 2017

Avira Antivirus


Pengertian antivirus

Anti virus ini adalah software pelindung dari virus yang berada pada komputer. anti virus ini adalah obat atau tameng pelindung agar komputer atau laptop pc anda terhindar dari virus yang menyebabkan komputer berpenyakit . penyakit komputer yang diserang virus ini ada beberapa gejala , yaitu :
1. Data-data di komputer hilang satu persatu.
2. file menjadi hiden atau disembunyikan oleh virus
3. komputer pc atau laptop sering restart sendiri
4. dan yang paling parah . harus install ulang

Fungsi antivirus

antivirus ini sangat berpengaruh bagi keamanan dan kesehatan komputer , dikarenakan apabila komputer tidak memiliki sistem pertahanannya maka otomatis komputer kita akan mudah terinveksi oleh virus ini . anti virus ini berfungsi menjadi sebuah proteksi atau pelindung dari virus , dikarenakan virus yang selalu update atau baru , maka antivirus nya juga harus sering di update . selain mencegah datangnya virus , antivirus sekarang ini dilengkapi dengan fitur scanner , yang dimaksudkan untuk memperingati bahaya apabila website di internet yang merugikan user.Saat ini kita akan membahas salah satu antivirus yaitu avira sebagai berikut :



  • Avira antivirus
  
        Avira adalah salah satu antivirus buatan Jerman yang sudah terkenal luas di seluruh dunia, salah satunya di Indonesia. Ada dua versi Avira, yakni Avira Free dan Avira Premium. Dari namanya saja tentu anda dapat menebak bahwa yang pertama gratis, yang kedua adalah berbayar. Free Avira 2012 termasuk dalam jajaran antivirus terbaik tahun ini bersanding dengan AVG, Panda, Comodo, Avast dan Ad-Aware menurut situs PCMag.Com. Dikarenakan situs yang mengelompokkan ini adalah situs yang kredibel, tentu saja hasilnya bisa dipertanggungjawabkan. Antivirus yang khas dengan logo payungnya ini memang memiliki standar yang cukup tinggi dalam memeriksa sebuah file.

A. Sejarah Avira antivirus

  
      Avira GmbH adalah sebuah perusahaan perangkat lunak antivirus dari Negara Jerman. Ketika didirikan, perusahaan ini disebut "H + BEDV Datentechnik GmbH". Aplikasi antivirus yang ditujukan untuk AntiVir mesin scan juga dikenal sebagai "Luke Filewalker" (merujuk pada Luke Skywalker), pertama kali Diluncurkan pada tahun 1988.Untuk alasan estetika, nama ini diubah menjadi Avira. Perangkat lunak antivirus Avira telah diberi lisensi untuk Ashampoo, Ad-Aware, dan Webroot WebWasher . Avira merupakan salah satu program antivirus yang paling banyak digunakan di dunia, dengan 100 juta pengguna di seluruh dunia Pada September 2009 .

    “Perangkat lunak keamanan Avira" mengacu pada berbagai antivirus dan software keamanan Internet untuk platform komputasi Windows, Linux, FreeBSD, OpenBSD, dan Solaris oleh Avira. Aplikasi ini didasarkan pada mesin AntiVir antivirus juga dikenal sebagai "Luke Filewalker", pertama kali diluncurkan pada tahun 1988. Avira GmbH secara berkala "membersihkan" meupdate file virus tersebut, dengan mengganti tanda tangan khusus dengan yang generik, yang menghasilkan peningkatan secara umum pada kinerja dan kecepatan scanning. Database terakhir bersih-out dilakukan pada tanggal 27 Oktober 2008, yang menimbulkan masalah bagi pengguna AntiVir Personal ketika memperbarui karena ukurannya yang besar (15 MB) dan karena server lambat AntiVir Personal's. Untuk itu Avira GmbH menambahkan GB 6 tambahan bandwidth ke Server AntiVir Personal dan mengubah proses update: Saat ini ada 32 file definisi yang lebih kecil yang diperbarui secara teratur untuk menghindari puncak di download update.


      Avira, sebuah perusahaan dengan sekitar 100 juta pelanggan dan sekitar 300 karyawan merupakan pemasok terkemuka di seluruh dunia diri solusi keamanan yang dikembangkan untuk profesional dan penggunaan pribadi. Dengan lebih dari 20 tahun pengalaman, perusahaan adalah salah satu perintis dalam bidang ini. Sebagai pakar keamanan terkemuka Jerman, Avira memiliki pengalaman suara dalam pengembangan dan dukungan dari solusi. samping program-program khusus untuk digunakan pada workstation tunggal, terutama Avira menawarkan solusi profesional untuk cross-perlindungan sistem jaringan di berbagai tingkatan. Ini termasuk produk untuk workstation, file, mail dan web server.

Beberapa produk yang sudah berhasil diciptakan dan sukses dipasaran dunia antara lain :

1. Avira AntiVir Personal - Free Antivirus


    mungkin  kita sudah tidak asing lagi dengan AntiVirus ini, Avira Antivir Personal Free Antivirus. Seperti juga AVG, Avira juga menawarkan antivirus gratis. Dengan file instalasi yang hanya sekitar 24 MB ( lebih kecil dibanding AVG Free Edition yang berukuran sekitar 32 MB, versi 8 sekitar 47 MB ), antivirus ini memang cukup bagus, banyak sambutan positif dari berbagai penggunanya.

    
    Free antivirus  adalah salah satu produk gratis. Aplikasi ini hanya untuk penggunaan pribadi. Seperti kebanyakan perangkat lunak antivirus, ia berguna untuk memindai virus dan juga dijalankan sebagai proses Background, memeriksa setiap file yang dibuka dan ditutup. Hal ini dapat mendeteksi dan menghapus kemungkinan rootkits. Ia juga melakukan Update secara otomatis Lewat Internet setiap hari. dengan iklan menyarankan pengguna untuk membeli Avira AntiVir Premium. Avira Memperbaharui semua produk mereka ke versi 8,0 pada tanggal 14 April 2008.

    FREE Antivirus adalah antivirus gratis yang dapat diandalkan solusi, yang terus-menerus dan cepat memindai komputer Anda untuk program jahat seperti virus, Trojans, backdoor program, hoax, worm, dialer dll Monitor setiap tindakan yang dilakukan oleh pengguna atau system operasi dan bereaksi segera ketika sebuah program berbahaya terdeteksi. Mendeteksi dan menghapus lebih dari 150.000 virus Selalu di antara para pemenang tes perbandingan ditampilkan dalam jurnal computer Virus Guard penduduk berfungsi untuk memantau gerakan file secara otomatis, misalnya men-download data dari internet Scanning dan perbaikan virus makro Perlindungan terhadap virus makro yang sebelumnya tidak dikenal Perlindungan terhadap trojaner, worms, backdoors, lelucon dan program merugikan lainnya.

- AntiVir perlindungan terhadap virus, worm dan Trojan.
- Perlindungan terhadap mahal AntiDialer dialer AntiRootkit perlindungan terhadap rootkittersembunyi.
- AntiVir perlindungan terhadap virus, worm dan Trojan.
- AntiPhishing perlindungan terhadap phising.
- AntiSpyware perlindungan terhadap spyware dan adware.
- NetbookSupport untuk laptop dengan resolusi rendah.
- QuickRemoval menghilangkan virus dengan menekan sebuah tombol Mudah dioperasikan.
- Internet-Update Wizard untuk kemudahan update sebelumnya tidak diketahui perlindungan terhadap virus   boot record.


2.   Avira AntiVir Segmen Retail/Consumer/HomeUser (Premium) 
     
       memiliki beberapa perbaikan pada versi gratis, terutama:
  •   Deteksi dari adware, spyware, phishing
  •  Email Scan (POP3 dan SMTP)
  •  WebGuard untuk memblokir akses ke situs berbahaya 
  •  RescueCD bootable untuk malware removal dan pemulihan sistem.


3. Avira Untuk Produk Corporate/Government/Campuss dengan fasilitas SMC (Security Management Centre) :

- Avira Profesional (OS Win XP/Vista/7/Linux)
- Avira Server (OS Win Server/ Linux)
- Avira Network Bundle (Avira Profesional + Avira Server)
- Avira Business Bundle (Include Avira for Ms Exchange Mailserver)


   B. Kelebihan dan Kekurangan AVIRA antivirus

        Seperti hampir semua antivirus, Antivir juga menyediakan fasilitas automatic update jika kita mempunyai koneksi langsung ke Internet. Mengenai Manual Update, dibanding AVG, proses update mungkin agak merepotkan bagi yang mempunyai koneksi lambat, karena ukuran update hanya satu file dengan ukuran lebih dari 15 MB, sampai saat ini belum ada pilihan untuk file yang lebih kecil. Tetapi setelah file update didapat, proses update sangat mudah.Setiap Antivirus pasti memiliki kelebihan dan kelemahan. Setelah menggunakan Antivir, berikut beberapa kelebihan dan kelemahan dibanding antivirus lain
      
        Kelebihan :
  1.      Kelebihan pertama yang sangat disukai oleh penggunanya adalah proses instalasi yang mudah bahkan untuk orang awam sekalipun. Proses instalasinya juga cepat dan tidak memakan memori yang besar. Beberapa antivirus memang memiliki kelemahan dalam manajemen memori sehingga jika diinstall malah menyebabkan komputer sangat lambat, terutama komputer dengan spek yang sedikit tertinggal. Avira adalah satu dari beberapa antivirus yang tidak memakan banyak memori dan CPU komputer.
  2.      Mampu mendeteksi virus-virus yang tidak bisa dideteksi antivirus lain
  3.      Terintegrasi dengan pendeteksi Rootkit
  4.      Kemudahan untuk mengaktifkan / non aktifkan antivirus.
  5.      Proses scan relatif cepat
  6.      Pemakaian resources memori yang kecil
  7.      Update Virus Definition yang relatif cepat
  8.      Ada fasilitas untuk mencari nama virus, dari daftar yang ada
  9.      Mampu menambah Scheduler scan atau update sebanyak mungkin.

Kelemahan :
  1. Kadang salah mendeteksi aplikasi/file sebagai virus.
  2. Customisasi scan hanya untuk drive, tidak bisa untul folder.
  3. Ukuran Update manual yang harus di download cukup besar, belum ada alternatif yg lebih kecil.
  4. Membuka file karantina yang berisi ribuan akan sangat lama
  5. Aplikasi tidak bisa di maximize


  C. Tips
  
    Jika virus atau file yang dikarantina cukup banyak, mungkin ribuan, maka loading pertama kali menu Quarantine akan sangat lambat. Begitu juga ketika memilih banyak data untuk dihapus dari daftar. Aplikasi mungkin akan terkesan cukup lama. Untuk menghapus daftar virus tersebut bisa dilakukan dengan menghapus file di lokasi berikut (lokasi default):
C:\Documents and Settings\All Users\Application Data\AntiVir PersonalEdition Classic\INFECTED (Keterangan All User bisa disesuaikan dengan user komputer yang di install aplikasi)

   Scan folder tertentu bisa dilakukan dengan fasilitas shell extention / klik kanan di folder yang diinginkan dan pilih Scan selected files with AntiVir) atau bisa juga dengan drag folder atau file yang diinginkan ke window aplikasi. Anda bisa menggabungkan dua antivirus dalam satu komputer, misalnya antara AVG Free Edition dan Avira Antivir PersonalEdition Classic. Yang perlu diperhatikan adalah ketika kedua-duanya mendeteksi virus, maka salah satu harus diklik ignore agar antivirus yang lain bisa memproses lebih lanjut



Sumber :

https://artikeljaringancomputer.wordpress.com/2015/02/17/pengertian-dan-fungsi-antivirus/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UAS No 5 Anizha reisda novihandika 4415210015 #UPAPSIUAS

hello teman - temen disini saya akan memposting soal yang terakhir pada uas apsi1 yaitu :  Soal no 5 : Memasukkan data tugas ke link berik...