Senin, 15 Januari 2018

UAS NO 2 Anizha reisda novihandika 4415210015 #UPAPSIUAS

Pada soal nomer 2 :

A. Buatlah Skenario modul tiap mahasiswa yang mengikut sertakan Kelompok lain (*Penambahan dan melengkapi data) dalam masing-masing modul seperti yang sudah Anda dapatkan di masing modul terdahulu, lalu ceritakan alur proses pembuatan datanya.

Akuntansi dapat diartikan sebagai suatu seni dalam mencatat, menggolongkan, mengikhtisarkan serta menafsirkan transaksi-transaksi finansial yang dilakukan oleh perusahaan. Akuntansi dapat dikatakan memberikan suatu informasi yang berhubungan dengan milik dan hak milik, dan untuk menunjukan bagaimana milik dan hak-haknya dipengaruhi oleh kegiatan perusahaan. Accounting staff/Staf Akunting merupakan jabatan yang bertanggung jawab atas laporan aktivitas keuangan secara tertulis selain itu pada jabatan ini dituntut untuk mengerti masalah perpajakan yang berlaku di negara Indonesia karena laporan perpajakan perusahaan dibuat oleh Accounting staff/Staf Akunting. Di dalam usaha bengkel karya jaya tuga seorang akunting adalah :
1      1. Membayar tagihan listrik, air, dll
        2. Menyusun dan membuat laporan keuangan perusahaan 
3      3. Membayar perpajakan perusahaan 
5      4. Melakukan pembayaran gaji karyawan 
6      5.  Membayar tagihan pemesanan


Di bengkel karya jaya Pertama transaksi yang berlangsung di bengkel karya jaya dimulai dari pihak bengkel karya jaya melakukan pemesanan bahan – bahan untuk pembuatan pagar ke  pihak supplier, lalu setelah melakukan pemesanan dan barang telah dikirim kemudian diterima oleh bengkel las karya jaya, maka pihak supplier akan mengeluarkan invoice untuk tagihan pembayaran ke bengkel karya jaya.



Setelah pihak accounting bengkel karya jaya menerima invoice dari supplier, Accounting akan mencocokan terlebih dahulu antara yang tercantum di Purchase Order, Invoice, dan Delivery Note.


Bagian accounting and finance di bengkel karya jaya adalah membuat data customer serta membuat laporan pembayarannya seperti dibawah ini :

1.CUSTOMER

    
   Melakukan pengisian di bagian customer sesuai dengan data - data customer perusahaan. Contohnya seperti gambar dibawah ini : 


2. CUSTOMER INVOICES              

     Invoice/Faktur penjualan yang disebut juga invoice adalah dokumen yang               digunakan sebagai pernyataan tagihan yang harus dibayar oleh customer. 
         
   contoh data customers invoice seperti dibawah ini  :



3. JOURNAL ITEM
     
     kemudian isi journal item. Kemudian di create, lalu ketik name, reference, tax dll.                  setelah itu save dan muncul gambar seperti dibawah ini :
            



4. CUSTOMER PAYMENTS


    Kemudian setelah mengisi journal items, lanjut ke menu Customer payments lalu isi sesuai data yang dibeli customer. contohnya seperti dibawah ini :

B. Gunakan Server Odoo Pancasila (SOP) di : 




 Database: 08-apsi-mda-kel-17

       Menu Utama: Accounting

C. Gunakan gitbook untuk cerita proses pembuatan data odoo dan transaksi.
     
    link : Gitbook

         link pdf : https://drive.google.com/file/d/1ANL-4Lb8b42oQ8X2tPdpHEBPXtC3Q5SY/view?  usp=sharing


D. Buat video panduan bertransaksi.

          Berikut ini adalah tutorial bagaimana menginput data di odoo :


    link youtube

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UAS No 5 Anizha reisda novihandika 4415210015 #UPAPSIUAS

hello teman - temen disini saya akan memposting soal yang terakhir pada uas apsi1 yaitu :  Soal no 5 : Memasukkan data tugas ke link berik...