Senin, 01 Januari 2018

Memasukkan data di Aplikasi odoo untuk UAS APSI

       Hai teman - teman, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana memasukkan data perusahaan pada aplikasi ERP yaitu Odoo, Odoo adalah sebuah perusahaan open source aplikasi bisnis yang di tulis menggunakan bahasa pemrograman Python dibawah lisensi AGPL. Digunakan 2 juta pengguna diseluruh dunia untuk mengatur perusahaan.
       Dulu Odoo dikenal sebagai OpenERP sampai Mei 2014, Di ganti namanya pada versi 8 karena menambahkan module website, e-commerce, point of sales, dan business intelligent. Perangkat lunak ini sesuai dengan harapan standar sistem ERP, sambil memberikan modul tambahan di luar cakupan sistem ERP tradisional.
      Dalam tugas saya kali ini adalah memasukkan data sesuai modul yang didapatkan tiap masing - masing individu pada setiap kelompok. Dan pada kali ini saya tergabung ke kelompok 17 kemudian mendapatkan modul tentang finance dan accounting. berikut ini adalah cara bagaimana langkah - langkah memasukan data pada bagian finance dan accounting ke dalam odoo:

 1. Pertama masuk ke http://erp-ti.univpancasila.ac.id:8008/web/login kemudian akan muncul tampilan seperti ini:
     Kemudian Pilih database sesuai dengan kelompok,dan masukan email dan password yang telah ditentukan.

2. Setelah berhasil masuk, Pilih bagian sesuai dengan modul yang anda dapatkan, maka disini saya memilih bagian accounting, setelah itu baru kita bisa memulai create data untuk customers


          masukan data custumer sesuai dengan data yang ada dapatkan seperti contoh diatas, kemudian jika ingin menambahkan info customers yang baru, maka data customer sebelumnya harus di simpan terlebih dahulu, sehingga bisa create kembali. Setelah disimpan, maka akan seperti ini hasilnya:



3. kemudian langkah selanjutnya adalah memasukkan data customer invoice. invoice digunakan untuk menagih transaksi yang telah dilakukan, Pilih nama customer lalu masukkan journal item seperti di bawah: 


Setelah berhasil tersimpan, akan muncul gambar seperti dibawah ini dan dapat di print jika diperlukan :

Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UAS No 5 Anizha reisda novihandika 4415210015 #UPAPSIUAS

hello teman - temen disini saya akan memposting soal yang terakhir pada uas apsi1 yaitu :  Soal no 5 : Memasukkan data tugas ke link berik...